Tripod Sayang Tripod Malang

May 21, 2016

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Entah kenapa, semenjak deklarasi untuk pindah oleh Ibu kos mengudara, kesialan-kesialan atau keapesan saya berlanjut lagi, keapesan ini nggak pernah sampai finish, ada saja episode selanjutnya, mungkin bukan kutukan ibu kos tapi emang saya aja yang sial. Mungkin ada yang pernah baca postingan Kutukan Ibu kos? Di postingan tersebut, beberapa kesialan menimpa anak kosan, kali ini, saya mau cerita lagi, keapesan yang kalo dipikir-pikir, nggak masuk akal. Keapesan yang terjadi pada diri saya sendiri pastinya.

Cekidot.

Yotube sedang booming akhir-akhir ini, saya yang emang gampang terpegaruh oleh trend ikut-ikutan jadi seneng nonton youtube. Kalo ketemu wifi, tujuan jempol saya mengklik layar hape sudah pasti youtube. Apapun jenis video yang ada di youtube pasti saya tonton, mulai dari gosip, judul-judul yang heboh pasti saya nonton, tapi yang paling sering saya tonton adalah daily vlog para artis.

Setelah nonton banyak sekali video youtube, saya jadi kepikiran untuk bikin video lagi, mencoba peruntungan, siapa tahu diajak youtube rewind Indonesia. Berkat mata kuliah fotografi waktu semester 2 kemarin, saya sudah punya modal kamera dan tripod, jadi nggak akan susah-susah banget.

Kamera dan tripod saya sudah keliatan usang banget karena udah nggak dipakai semenjak mata kuliah fotografi selesai. Kamera jamuran, dan tripod sudah berdebu, kalo debunya dikumpulin, sudah bisa bikin satu rumah.

Walaupun begitu saya sempat bikin beberapa video, yang pengen lihat video-videonya bisa di youtube.com/arulivansyah. Kalo mau subsribe juga bisa #tetepkayakyoutuber. Sampai pada akhirnya sebuah musibah datang..

***

Malam itu masih seperti malam sebelumnya, gelap sepi, sunyi. Mirip adegan-adegan film horror Indonesia. Saya mengambil tripod dan kamera yang saya letakkan di pojok kamar. Niatnya ngambil kamera yang masih nyantol di tripod, saya otak atik, entah kenapa tripod tersebut jadi agak keras, nggak bisa digerakin, sampai akhirnya ada bunyi “Krak”. Saya pikir suara itu muncul dari celana saya, saya cek selangkangan, masih aman. Saya otak-atik tripod lagi, dan bunyi “krak” tersebut ternyata dari tripod.



Dengan rusaknya tripod, pasti pembuatan video akan jadi terhambat, saya jadi kepikiran untuk beli tripod lagi. #Horangkaya. Sebelum itu, saya ngecek-ngecek dulu harga di berbagai onlineshop, salah satunya di mataharimall.com. Dari berbagai onlineshop, di mataharimall.com ngasih harga yang relatif murah, banyak diskon dan pilihan tripodnya juga banyak.



“Sepertinya saya mampu beli” pikir saya sambil membayangkan punya tripod baru. Saya mengambil dompet yang ada di lemari. Saya membuka dompet dengan bahagia, tapi tiba-tiba berubah jadi flat karena uang saya hanya tinggal 10 ribu.

Saya masih berpikir tenang, saya mengambil kunci motor dan langsung berangkat ke ATM terdekat, ngecek saldo, semoga masih ada. Hasilnya sama, ternyata saldo saya tinggal 40 ribu. Saldo segitu nggak bisa diambil.

Balik ke kost dengan hati kecewa. Tapi saya nggak putus asa, tanpa berpikir panjang, saya harus melakukan cara terakhir, cara yang mungkin sangat tercela untuk sebagian anak kos, telepon orang tua.

Saya mencari “Bosky” di kontak telepon, tanpa menunggu aba-aba saya langsung menekan telepon berwarna hijau. Lagi-lagi apes, bukan ibu atau bapak saya yang angkat teleponnya, malah mbak-mbak yang suaranya cantik bilang ke saya, kalo pulsa saya nggak cukup untuk melakukan panggilan.

Saya menyerah, yang bisa saya lakukan adalah otak-atik hape, sambil nangis. Saya masih nggak habis pikir uang saya sudah habis, perasaan baru beberapa hari yang lalu dikirimin. Saya jadi kepikiran untuk ngeliat kalender.

Jawabannya ketemu. Ternyata sudah di akhir bulan, momok bagi anak kos seperti saya. Waktu itu, bukan bagaimana cara beli tripod yang saya pikirkan melainkan bagaimana cara bertahan hidup sampai dikirimin uang lagi.

Sepertinya saya harus mencari harta karun seperti video di bawah ini.

video

Video itu memang salah satu cara untuk bertahan hidup, cara lainnya adalah saya jadi sering ke kos teman yang punya banyak makanan dan punya akses wifi yang kenceng. Selagi di kos temen yang punya wifi, saya nonton youtube lagi, di halaman awal, saya menemukan video #Jadilahsepertibudi



Berkat video itu, saya jadi terinspirasi di bulan berikutnya untuk pandai-pandai mengatur keuangan, saya harus mengantisipasi kejadian-kejadian yang nggak pernah terduga.


Misal seperti tripod yang patah itu, kalo saya pandai mengatur uang, saya nggak bakalan kesusahan lagi, atau misal ban motor pecah, saya nggak akan mengemis untuk meminta uang tambahan lagi, saya sudah ada tabungan untuk hal-hal yang tidak terduga tersebut.

Kalo temen-temen yang lain, punya cerita unik akhir bulan nggak? share di komen dong.. 

You Might Also Like

3 comments

  1. tanggal tua bukan harus dihindari tapi harus kita hadapi, persiapkan segala jurus untuk memangkis tanggal tua. Keep bloging gan ! mhon corat-coretnya dg knjngn baliknya ke blog saya trmksh https://kenichii.blogspot.co.id/2016/05/tanggal-tua-bikin-baper-banyak-gak.html?showComment=1463803242758#c7312662411760658550

    ReplyDelete
  2. Kalo mau pinjam tripodku boleh kok, 25rb/6jam

    ReplyDelete

Kalo kamu anggep tulisan aku penting buat kehidupan kamu, kamu bisa follow blog ini kok, kamu juga bisa koment, terserah kamu deh, yang penting kamu seneng.